Rabu, 05 Desember 2012

Pidato Singkat : Kekayaan Alam Indonesia Yang Melimpah Namun Tidak Disertai Dengan Sumber Daya Manusia Yang Memadai Pada Sektor Industri


Hai teman-teman :)
udah lama ga nge-blog, jadi kepikiran mau buat satu artikel yang dapat berguna bagi teman-teman. hmm... kali ini aku akan membahas mengenai pidato singkat. Mudah-mudahan berguna untuk teman-teman yaa :)


************************************************************************************************************

Om Swastiastu,
Yang saya hormati Bapak Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Gianyar
Yang saya hormati Bapak dan Ibu guru SMA Negeri 1 Gianyar
Beserta teman-teman yang saya sayangi
Marilah kita bersama-sama memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa , karena atas berkat rahmat-Nya lah kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat tanpa kekurangan suatu apapun.
Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan pidato mengenai “Kekayaan Alam Indonesia Yang Melimpah Namun Tidak Disertai Dengan Sumber Daya Manusia Yang Memadai Pada Sektor Industri”. Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan sumber daya alamnya yang melimpah. Ini merupakan modal awal yang bagus dalam mengembangkan sektor Industri di negara Indonesia. Tetapi kenyataannya pengembangan kawasan industri di Indonesia masih tertinggal dibandingkan negara lain, karena masih terkendala oleh masalah penataan lahan dan Sumber Daya Manusia yang kurang memadai.
Hadirin yang berbahagia,
Industri adalah bidang mata pencaharian yang pada dasarnya menggunakan ketrampilan dan ketekunan kerja dan penggunaan alat-alat di bidang pengolahan hasil-hasil bumi dan distribusinya. Sekarang ini, banyak negara-negara di dunia terus berupaya untuk menumbuhkan ekonominya. Langkah yang diambil yaitu dalam masalah industri. Industri memang menjadi faktor fenomenal untuk menunjang perdagangan. Mereka saling bersaing mendapatkan tempat di pasar global. Karena dalam pasar global itu sendiri terjadi perdagangan bebas dari suatu negara. Salah satu hal yang mendukung ialah sektor idustrialisasi.
Di Indonesia sendiri sudah berkembang berbagai sektor Industri seperti pabrik tembakau, batu bara, minyak dan gas bumi, bahan bakar dari nuklir, karet, logam dasar, barang galian bukan logam, dan masih banyak lagi. Hal ini adalah kekayaan alam dari negara Indonesia yang dikembangkan pada sektor industri untuk dijadikan barang yang dapat memenuhi kebutuhan manusia. Namun, Sumber Daya Alam di Indonesia yang melimpah tidak disertai dengan Sumber Daya Manusianya yang memadai. Hal ini sedikit menghambat perkembangan Industri di Indonesia.
Contoh saja Jepang, produksi otomotif dan elektronikanya mampu menembus pasaran dunia, begitu juga Korea dan Cina. Mereka berkembang menjadi negara industri. Ini semua dikarenakan oleh Sumber Daya Manusia di negara tersebut yang sangat hebat. Hal ini sangat bertolak belakang dengan Sumber Daya Manusia di negara kita yang dipandang tidak mempunyai skill dan pengetahuan yang  cukup dalam mengolah kekayaan alam Indonesia sehingga kita mencari Sumber Daya Manusia di negara lain. Tidak hanya itu, kekayaan alam Indonesia lebih banyak diekspor ke negara lain dan dikembangkan dengan lebih baik dibandingkan jika dikembangkan di negara kita. Di saat negara lain berhasil menciptakan barang baru, negara kita hanya mampu membeli barang tersebut dengan harga mahal tanpa bisa membuatnya. Padahal bahan-bahan untuk membuat barang tersebut dibeli dari negara kita. Mengapa hal itu bisa terjadi ? Tentu saja karena negara kita kalah dalam Sumber Daya Manusianya. Sungguh ironis.
Teman-teman yang saya cintai,
Kita sebagai generasi penerus bangsa hendaknya merasa prihatin dengan kondisi perindustrian di negara kita ini. Betapa ironisnya negara kita yang memiliki kekayaan alam yang melimpah namun tidak dapat kita olah dengan maksimal. Tidakkah teman-teman memiliki keinginan dalam memajukan perekonomian negara Indonesia dalam bidang Industri agar tidak kalah bersaing dengan negara lain ? Perlu teman-teman ketahui bahwa jika bukan kita para generasi penerus bangsa, maka di masa depan tidak ada lagi yang akan memajukan sektor industri di negara ini.
Teman-teman yang saya banggakan,
Untuk dapat memajukan perekonomian negara Indonesia dalam bidang Industri, hendaknya kita belajar dengan tekun agar bisa menjadi Sumber Daya Manusia Indonesia yang tidak kalah dengan negara lain baik dalam bidang skill maupun pengetahuan dalam mengolah kekayaan alam Indonesia dengan semaksimal mungkin agar tidak lagi meminjam Sumber Daya Manusia dari negara lain lagi. Sehingga potensi kekayaan alam kita dapat dimanfaatkan langsung oleh negara kita sendiri.
Demikianlah pidato saya mengenai kekayaan alam Indonesia yang melimpah namun tidak disertai dengan Sumber Daya Manusia yang memadai pada sektor industri. Akhir kata saya ucapkan terima kasih atas perhatian hadirin. Saya mohon maaf jika ada kata-kata yang menyinggung perasaan hadirin.
Om Santih Santih Santih Om.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar